Rabu, 22 Maret 2017

Alamat Rapor Online berubah-ubah

Seperti biasa, saya selaku praktisi IT, senang mengamati perkembangan teknologi. Harus kita acungi jempol untuk trobosan DikNas Surabaya dalam membangun penilaian siswa secara online. Walaupun terseok-seok, namun saya lihat ada progress majunya.

Saya tidak mengerti, berapa anggaran DikNas Surabaya yang dikeluarkan untuk membangun hal itu. Mudah-mudahan tidak seperti E-KTP ya...hehehehe... dimana sangatlah mahal untuk model pendatabasean yang sangat dasar... Kasarannya dengan nominal Triliun an hanya untuk membangun table master saja 😁
Mengapa hal ini saya tanyakan ? Sebab saya melihat, tidak ada perencanaan yang matang dari sisi ke-online-an nya. Misal yang sedeharna saja... mengapa domain tidak dipertahankan? padahal raporku.net adalah domain yang telah ter-SEO secara baik. Tentu perkara SEO me SEO, adalah hal yang tidak gartis. Toh katakanlah ada pakar SEO yg mau secara gratisan, maka pertanyaannya ...mengapa hasil kerjaannya dibuang begitu saja? kok gak dihargai blas?

Sisi lain... sejak semester lalu... url untuk rapor online sudah berubah sering kali, bahkan saya pernah menjumpai bahwa 1 hari bisa berubah 10 kali berubah. Saya langsung berpikir.... Apa sulit banget ya membangun server? Kalau gak mau ribet...ya sewa saja hosting. Mungkin ada batahan ... Lho kalau sewa hosting, bisa-bisa nilai-nilai siswa kami, dibobol?
Perasaan saya...itu banyak faktor yg bermain. Kasarannya, jika di dalam ada oknum...maka mau bilang apa lagi?? Hayo ... susah juga khan? Ya ... paling gak....harus sesering mungkin dibackup... Ya diatur lah....

Sekarang... rupanya DikNas Surabaya sudah memperhatikan sisi keamanannya. ini terbukti, dari url rapor online yang sudah menggunakan https. Dimana dengan https, itu dapat mencegah adanya pihak ketiga yang bermaksud tidak baik. Jadi relatif aman lah.... sebab ketika data tsb keluar dari user, maka data user tersebut ter-encript dengan otomatis.
Namun apakah ini final... ya kita tunggu saja. Berikut ini, adalah url-url yang pernah dipakai oleh DikNas Surabaya utk rapor online:
  1. https://rapor.dispendik.surabaya.go.id/
  2. http://rapor.dispendik.surabaya.go.id/ 
  3. http://202.154.22.123/
  4. http://raporku.net/
  5. dan masih ada beberapa lagi.... modelnya spt no 3. Jadi pakai IP Address (bukan domain atau sub domain)
Oleh karena itu, kami merancang design program robot  yang baru lagi. Jadi user  bebas menetukan url rapor online dalam bekerja. Pakailah versi 3.65 klik Robot Rapor Online....Rasakan kemudahannya.... dan peran anda sebagai guru...tidak diwakilkan lagi. Sebab anda bisa memberikan nilai dangan sendiri,  tidak ada campur tangan pihak lain. Siap untuk itu??? Gunakan lah selalu program kami.

Salam Kami... Maju terus pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar