Kamis, 14 Desember 2017

Pengisian E-Rapor SMA

Sangat di apresiasi bahwa pemerintah telah meluncurkan sistem E-Rapor. Kali ini, penulis akan lebih mengkhususkan ke E-Rapor. Secara System loginnya, ERapor SMA lebih bagus dari ERapor SMK. Sebab password usernya sdh dihash, sehingga agak sulit dalam membobolnya. Meskipun demikian, guru-guru masih saja membiarkan passwordnya secara default. Entah mereka menganggap itu sesuatu yang tidak artinya, atau mereka sangat polos...hmm...

Selanjutnya, masih banyak user, yang tidak paham skema unduh dan unggah kembali...Padahal dengan skema ini, diharapkan guru dapat mengerjakan penilaian secara offline. Jadi tidak harus ON. Jadi guru bisa mengedit nilai siswa-siswanya di file Excel, dan kalau sudah rampung semua, maka tinggal diunggah kembali. Namun lagi-lagi, dikarenakan banyak guru belum bisa me-manage file secara baik, maka akhirnya jadi bingung sendiri.... "mana ya, file hasil unduhan saya?", "Ini file apa ya?", "Utk kelas berapa ya?"... kalau sudah itu, terjadilah buka tutup file, capek, terus akhirnya tidur deh..

Melihat hal itu, penulis yang juga programmer, ingin membantu kendala2 itu. Finaaly, jadilah program ini. Program yang sangat sederhana. Namun sangat powerfull. Program ini dirancang agar bisa dipakai di jaringan lokal ataupun di LAN/Internet. Skemanya persis seperti yang penulis utarakan diatas. Jadi ada proses unduh/download file, mengisi/mengedit nilai, dan setelah itu, jika sudah siap semua, tinggal diunggah ulang. Disini, user tidak usah bingung-bingung lagi dalam memanage file. Semua sudah diurus oleh program.

Selama si pembuat melayani guru-guru, terkadang muncul pertanyaan yang lucu juga. "Pak, apakah program ini tidak merusak sistem server kami?". Batin saya, wah... saya akan membuat Brute Force sehingga servernya down. hahahaha...Jelas saya tidak ada arahan ke sana. Disini saya murni utk membantu guru-guru, dan agar intelek saya dihargai. Cuma itu saja.

Lalu, ada lagi pertanyaan "Kalau saya memakai program bpk, apa kami tidak kesalahan? sebab Diknas, kan menyuruh kami dengan browser standar". Pertanyaan yang polos banget. Terus penulis coba tanya2...
Penulis: Terus yang inputkan ke browser, Ibu sendiri ya?
Ibu Guru: Hehehehe, bukan pak. Saya ngupahi orang, untuk itu.
Penulis: Ow...Bagi ibu, itu gak melanggar aturan main ya? Yo Wess...(habis kata2 saya)
Ya ...kalau dianalogikan, Ibu/Bpk disuruh ke sekolah pada jam sekian. Masak harus jalan kaki? Kalau guru tersebut, punya uang, terus dia manggil gojek... masak gak boleh? Ayak-Ayak wae...

Selanjutnya, ada lagi pernyataan "Sulit pak..". kemudian saya tanya "Sudah lihat Youtube nya?". Jawabnya mesti sudah.  Tapi saya yakin, beliau-beliau pasting sayang kuota, alias belum lihat sih. Namun kalau dipandu oleh temannya yang sudah paham, maka mereka bilang "Ow...gitu yo...mudah banget...". Ya....saya akui, dan mohon maaf sebesar-besarnya bahwa Saya dan team saya, terkadang tidak bisa selalu mendampingi secara face to face.  Namun jika bpk/ibu berkenan untuk belajar, bisa WA Ibu Eka di 081331306721.

Akhir kata, semoga peluncuran program kami, Bisa bermanfaat, dan Jikalau berkenan, simaklah video ini. Video tentang sekilas penggunaan program/modul kami.


Spesikasi Program

  • Harus berjalan di OS Windows 
  • Harus terinstall Ms Excel.

Salam Hangat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar